Sunday, April 28, 2013

Alat Ungkap Masalah (AUM) untuk Bimbingan Konseling SMP


Salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang guru bimbingan dan konseling (konselor) adalah memahami konseli secara mendalam, termasuk didalamnya adalah memahami kemungkinan-kemungkinan masalah yang dihadapi konseli. Melalui pemahaman yang adekuat tentang masalah-masalah yang dihadapi konseli, seorang konselor selanjutnya dapat menentukan program layanan bimbingan dan konseling, baik yang bersifat preventif, pengembangan maupun kuratif, sehingga pada gilirannya diharapkan upaya pemberian layanan dapat berjalan lebih efektifTentunya banyak cara untuk memahami masalah-masalah yang dihadapi oleh konseli dan salah satunya dapat dilakukan melalui penggunaan Alat Ungkap Masalah atau biasa disebut AUM.

AUM merupakan instrumen yang dapat dipergunakan untuk memahami atau memperkirakan masalah yang kemungkinan dihadapi oleh siswa didik kita. AUM atau alat ungkap masalah yang saya tampilkan ini berisi 12 bidang masalah yaitu : (1) ekonomi, (2) ekonomi, (3) hobby dan rekreasi, (4) penyesuaian diri dan pergaulan, (5) agama dan moral, (6) kehidupan dan keluarga, (7) cita-cita dan masa depan, (8) penyesuaian diri dengan sekolah, (9) penyesuaian diri dengan kurikulum, (10) belajar, (11) menghadapi ujian (kesehatan mental), (12) muda-mudi. AUM yang saya tampilkan ini berisi 120 item pernyataan.

Sebagai catatan, item pernyataan yang ada di dalam AUM yang saya tampilkan ini bisa disesuaikan dengan permasalahan dan kondisi yang mungkin dihadapi siswa kita saat ini. sebagai catatan lagi, form analisis (exel) yang saya tampilkan untuk 35 user dan 40 user. jadi apabila jumlah user kurang atau lebih dari 40 user bisa saudara edit sendiri... (sampai saya membuat yang lebih fleksibel dan sederhana lagi, do'ain ya... hehehe..)

untuk AUM dan form analisisnya bisa di download disini:

http://www.sharebeast.com/lgmmbkoeooil


No comments:

Post a Comment